Kamis, 01 November 2012

IAIN SUNAN AMPEL SIAP JADI TUAN RUMAH AICIS 2012

IAIN Sunan Ampel Surabaya siap menjadi tuan rumah konferensi internasional dalam kajian keIslaman Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke 12. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan IAIN Sunan Ampel di Hotel Empire Surabaya ini akan menghadirkan 150 panelis dan 1500 peserta dari 8 negara di dunia.

“Kita akan membahas manajemen pendidikan Islam dan isu-isu kontemporer tentang keIslaman dan yang terjadi di Indonesia dan di belahan dunia,” ujar Prof Dr Abd A’la, M.Ag, Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa perkembangan terkini Islam dan masyarakat Muslim sebagai sebuah peradaban alternatif dalam konteks relasi antar peradaban dunia telah menjadikan Islam sebagai bahan kajian yang menarik dan perlu disikapi untuk mendapatkan relevansi pada kajian-kajian keIslaman multidisiliner.

“Kita berharap konferensi internasional ini berhasil mendialogkan khasanah kajian Islam teoritik-normatif ke praksis-empiris, sehingga studi keIslaman ke depan lebih membumi,” tambahnya.

Beberapa narasumber yang akan hadir pada konferensi yang digelar pada 5-8 Nopember 2012 ini diantaranya, Menteri Agama RI, Suryadharma Ali, Menteri BUMN RI, Dahlan Iskan, Mantan Menteri Pertahanan Iraq, Dr. Ali Allawi, Direktur Antropologi dan Etnografi Rusia, Prof. Dr. Sc. Efim A. Rezvan, dan beberapa guru besar dari Al-Azhar University Mesir, University Ibn Tofayl Quneitra Maroko, University of Gottingen Jerman, serta beberapa universitas di Australia, Amerika, Malaysia, Inggris, dan sebagainya.

Forum konferensi internasional ini juga akan mengkampanyekan anti plagiarism di lingkungan akademis. Semua pemakalah yang akan mempresentasikan makalahnya diwajibkan menandatangani orisinalitas karyanya, bukan hasil plagiat.

“Forum yang dihadiri oleh 1000 lebih akademisi dari berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri ini menjadi penting dan representative sebagai wahana sosialisasi anti plagiat. Dari forum konferensi ini kita mulai dengungkan perlunya kejujuran akademis,” kata Abd A’la yang resmi dilantik jadi Rektor IAIN Sunan Ampel pada 11 Oktober 2012 lalu.

Selain itu, konferensi ini juga ada eksebisi atau pameran beberapa produk unggulan dari perguruan tinggi Islam di seluruh Indonesia, termasuk hasil karya mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by EiAk - Journalism World | EiAk Corporation