Kamis, 29 November 2012

Hubungan Putus-Nyambung dalam Percintaan, Sehatkah ?

Pernah mengalami hal yang sama dengan Chris dan Rihanna, atau sedang dekat lagi dengan mantan kekasih? Apakah hubungan asmara yang terjalin lagi pasca putus bisa berhasil? Simak uraian berikut ini.

Lebih Nyaman & Merasa Aman
Sebagian besar pasangan yang sudah putus kemudian kembali lagi, umumnya lebih karena ingin mencari kenyamanan dalam hubungan asmara mereka. Pakar percintaan Seema Hingorrany seperti dikutip dari Your Tango mengatakan, "Kembali menjalin asmara dengan mantan membuat seseorang merasa lebih nyaman dan aman. Anda sudah tahu sifat masing-masing dan di saat yang bersamaan, ingin memberi mantan kekasih dan diri sendiri kesempatan kedua. Dengan tujuan melihat apakah hubungan yang telah putus akan lebih baik dari sebelumnya.

Karena Anda sudah tahu kelemahan dan kelebihan mantan, memberi kesempatan kedua untuk memperbaiki hubungan yang sempat hancur mungkin dianggap menjadi solusi yang tepat. Tapi tidak menjamin kalau jalinan asmara akan lebih kuat pasca putus dan 'balik' lagi.

Hingorrany mengatakan, "Anda berpikir, mungkin ada baiknya kembali berpacaran dengan mantan. Tapi apakah pacaran lagi pasca putus akan berhasil atau gagal, tidak bisa diprediksi. Anda harus lebih berhati-hati menjalaninya."

Kenapa Ada Pasangan yang Mau Hubungan Putus-Nyambung?
Beberapa pasangan yang menjalin asmara dalam waktu lama, pernah melewati fase 'vakum' atau 'break' dalam hubungan mereka. Lama waktu 'break' biasanya hanya beberapa minggu, atau paling lama 2-3 bulan. Tujuan dari menjaga jarak sementara ini umumnya dilakukan agar mereka bisa introspeksi diri, mengenal aspek-aspek tertentu dalam hubungan atau untuk menenangkan diri sejenak dari masalah percintaan yang berat. Dengan begitu, pasca break pondasi hubungan mereka bisa lebih kuat.

Lain halnya dengan pasangan yang kembali berpacaran setelah putus. Mereka harus mengulang hubungan dari awal, dengan masalah yang sama di masa lalu. Hal ini membuat risiko pasangan tersebut putus untuk kedua kalinya lebih besar. Apa yang menyebabkan seseorang mau kembali lagi dengan mantan kekasihnya? Ada beberapa alasan:

- Beberapa orang takut berkomitmen untuk menjalani hubungan asmara jangka panjang. Mereka ingin berpacaran, tapi belum siap melangkah ke jenjang yang lebih serius (menikah). Di sisi lain, mereka tak ingin terikat dengan tanggung jawab yang lebih serius dalam hubungan.

- Ada beberapa pasangan yang merasa ada banyak ketidakcocokan sehingga memutuskan berpisah adalah jalan terbaiknya. Tapi setelah memiliki kekasih baru, ia merasa mantannya lebih baik dari kekasih yang sekarang; terjadilah 'cinta lama bersemi kembali'.

- Ada pula pasangan yang sengaja memutuskan untuk berpisah, dengan harapan bisa kembali bersama setelah mereka menyelesaikan masalah masing-masing.

Sehatkah Hubungan Percintaan yang Putus-Nyambung?
Sehat, jika Anda dan kekasih bisa jadi pasangan yang lebih baik lagi dan saling mengerti pasca putus. Tapi tetap ada kemungkinan hubungan tersebut gagal untuk kedua kalinya.

Penyebabnya, ada kecenderungan saling curiga (jika putus disebabkan adanya orang ketiga), mengungkit kesalahan masa lalu dan cara pikir serta prinsip yang jauh berbeda yang sulit diubah. Kemungkinan berulangnya kesalahan yang sama cukup besar dan bisa memicu putus hubungan untuk kedua kalinya. Jadi, sebaiknya pikirkan matang-matang jika Anda ingin kembali ke mantan kekasih. Pikirkan benar-benar apakah sudah menerima dia dengan kelebihan dan kekurangannya, dan yakin kesalahan yang sama (penyebab putus hubungan) tak lagi terulang. Yang perlu diingat, sekali hubungan asmara berakhir akan lebih banyak tantangan untuk mempertahankannya lagi.



Sumber : http://www.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by EiAk - Journalism World | EiAk Corporation