Senin, 09 November 2009

Manusia terdiri dari tiga golongan

-->
Ayyub ibnul Qoryah berkata, “Manusia terdiri dari tiga golongan, yakni orang yang berakal, yang dungu, dan yang durhaka (perusak).”
Yang berakal menjadikan agam sebagai syari’atnya, sabar dan tenang adalah tabiatnya. Pandangan dan pikiran sehat menjadi pedomannya.
Orang yang berakal, apabila ia ditanya maka akan menjawab dengan baik, kalau berbicara selalu tepat dan benar. Kalau mendengarkan uarian ilmu maka ditekuninya. Dan kalau bercerita, ia mengambil dari sumber riwayat.
Adapun orang yang dungu, kalau berbicara mengecewakan orang, kalau bercerita menakut-nakuti dan kalau mengemukakan pendapat maka pendapatnya tidak berbobot.
Sedangkan orang yang durhaka (fajir), apabila kamu amati dia berkhianat. Bila kamu ajak bicara maka dia mmemburuk-burukkanmu, kalau kamu menolongnya dia tidak memelihara kebaikanmu dan tidak mampu menyimpan rahasiamu. Kalau kamu belajar ia tidak mau mengambil pelajaran dan hikmahnya. Kalau berbicara dia tidak mau mengerti dan kalau dibimbing agama dia tidak mau memahaminya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by EiAk - Journalism World | EiAk Corporation