Minggu, 28 April 2013

Hiruk Pikuk Konsentrasi Jurnalistik IAIN Sunan Ampel Surabaya

Media Cetak Dakwah atau sering disebut Jurnalistik adalah salah satu konsentrasi pada Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang berada dinaungan Fakultas Dakwah (FD). Merupakan Jurusan yang dianggap sudah lama berdiri di kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya. Konsentrasi Jurnalistik ini memang dari tahun ke tahun terlihat sangat sedikit peminatnya, dibandingkan dari konsentrasi lainnya seperti Radio dan Televisi (RTV) dan Retorika yang sama-sama berada di Jurusan KPI. Terang saja, kini mahasiswa Jurnalistik hanya terdiri dari 8 orang, itupun kalau mereka ingin masuk semua. Biasanya cuma ada 4 sampai 5 orang saja yang ingin masuk kelas. Dengan sedikitnya peminat dari konsentrasi ini, mahasiswa seharusnya sangat semangat sekali dan aktif dalam mengikuti perkuliahan di konsentrasi ini. Namun pada kenyataannya, belakangan ini terjadi hiruk pikuk di konsentransi jurnalistik salah satunya penyebab mahasiswa yang pada awalnya giat dan aktif dalam mengikuti kegiatan perkuliahan menjadi sangat malas.

"Mahasiswa yang giat dalam mengikuti proses perkuliahan pada konsentrasi media cetak atau jurnalistik sekarang menjadi malas, mungkin karena jadwal mata kuliah yang semrawut (tidak teratur), fasilitas ruangan kelas yang belum memadai karena ada proses pembongkaran gedung, serta faktor mahasiswanya sendiri yang hanya bermalas-malasan untuk mengikuti kuliah”, terang Ihya’ Ulumuddin selaku ketua kelas media cetak dakwah.

Dari beberapa kendala yang dialami oleh mahasiswa Jurusan KPI khususnya media cetak, sampai ada pencetusan pemikiran mahasiswa yang ingin mutasi ke konsentrasi lain, sebut saja Gozali, Ihya, dan Ali mereka menegaskan untuk pindah ke konsentrasi yang lain di Jurusan KPI. Mereka menganggap karena banyak mahasiswa yang tidak masuk kuliah, sehingga tidak mau mengerjakan tugas dan hanya ingin mengandalkan jirih payah teman-temannya saja, yang pada ujungnya membuat mahasiswa media cetak dakwah yang giat mengikuti proses pembelajaran terkena imbasnya dari kemalasan mahasiswa yang lainnya.
Pada waktu sebelumnya sempat terdengar kabar konsentrasi jurnalistik akan dihapuskan dari KPI oleh Akademik FD mulai tahun ajaran baru mendatang, namun kantor akademik memberikan keterangan lain tentang penghapusan itu akan dilalukan dalam kurun waktu 2 tahun lagi, bisa lebih. Jadi sekitar tahun ajaran 2015/2016 konsentrasi media cetak dakwah akan dihapuskan dari Jurusan KPI. (wafa/ihya)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by EiAk - Journalism World | EiAk Corporation