Senin, 10 Desember 2012

Dua Kabar Gembira Jelang SNMPTN 2013 | SNMPTN 2013 Gratis | Ujian Tulis SNMPTN 2013 Resmi Dihapus

Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memantapkan hati untuk menghapus ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Selain itu, Ada berita gembira untuk para calon mahasiswa. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 digelar tanpa dipungut biaya, alias gratis! 

Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka memaparkan, pola jalur undangan yang diterapkan pada SNMPTN 2012 kini menjadi pola tunggal dalam SNMPTN 2013. "Seleksinya akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN). Kemendikbud belum berpikir untuk mengubah pola UN". Dalam acara yang diikuti pimpinan PTN seluruh Indonesia ini, Rektor Institut Teknologi Banduing (ITB) itu merinci, ada 61 PTN di seluruh Indonesia yang turut serta dalam SNMPTN 2013. Selain itu, kemungkinan besar UIN Wali Songo, Semarang dan Universitas Terbuka juga akan bergabung dalam SNMPTN 2013.

Pada saat yang sama Akhmaloka menyebut, biaya pendaftaran calon peserta SNMPTN 2013 akan ditanggung seluruhnya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). "Artinya, peserta SNMPTN 2013 tidak perlu membayar biaya pendaftaran," kata Akhmaloka, yang juga menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB),  dalam acara Peluncuran SNMPTN 2013 di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2012) malam.

"Diperkirakan 1,5 juta siswa SMA/sederajat akan mengikuti SNMPTN 2013," imbuhnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menegaskan, penghapusan biaya SNMPTN ini merupakan amanat undang-undang yang harus direalisasikan. "Selain itu, ini merupakan tekad kami untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi," ujar Nuh. 

"Jangan sampai tidak ada pengakuan akademik ini, kesannya ada semacam diskonektivitas antara jenjang yang di bawah dengan di atasnya," tambahnya.

Berdasarkan jadwal yang disusun panitia SNMPTN 2013 dengan Kemendikbud, seleksi akan dilakukan pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013.


dari berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by EiAk - Journalism World | EiAk Corporation